Senin, 30 Maret 2015

Ribuan Mobil Mewah Terancam Tenggelam di Selat Inggris

// // Leave a Comment
Southampton, KompasOtomotif - Kapal pengangkut ribuan mobil mewah kandas berlayar di Selat Inggris sekitar 6 km dari bibir pantai Hampshire antara dataran utama Inggris dan Isle of Wight. Permasalahan ditenggarai terjadi setelah 45 menit selepas dari dari pelabuhan Southampton di mana kapal oleng ke kanan, hingga nyaris terguling.

Kapal pengangkut bernama Hoegh Osakaitu tejerat tumpukan pasir permukaan laut yang lebih dangkal. Dilansir Dailymail (5/1/2015), Hoegh Osaka yang tingginya mencapai 179,8 meter, mampu mengangkut mobil mencapai 57.000 ton, dan terdaftar di Singapura. Berbagai pabrikan otomotif, termasuk Honda dan Bentley, mengaku mencari tahu apakah mobil-mobil mereka ada di kapal tersebut.

Ternyata, dari total kapasitas 1.400 unit mobil yang diangkut, terdapat 1.200 unit Jaguar dan Land Rover, 65 Mini, dan satu Rolls-Royce Wraith. Hoegh Osaka berencana berlayar dari Inggris menuju Bremerhaven, Jerman.

Untungnya, kejadian ini tidak menelan korban jiwa. Sebagian besar awak kapal diselamatkan menggunakan helikopter yang mengangkut mereka, sedangkan dua evakuasi dengan perahu penyelamat. Seorang awak kapal sempat meloncat ke laut dari ketinggian 7,6 meter, kemudian diselamatkan oleh pihak berwajib.

Dibutuhkan beberapa hari untuk mengeluarkan kapal besar ini dari tumpukan pasir yang mengakibatkan kecelakaan ini. Belum dilaporkan juga kerusakan apa yang dialami kapal maupun ribuan mobil yang diangkut. 

Upaya awal untuk menarik kapal dari tumpukan pasir sudah dilakukan kapal penarik, tetapi gagal dilakukan. Artinya, pihak Pengaman Pantai dan Maritim Inggris harus menunggu sampai permukaan air kembali naik, mencobanya lagi untuk menarik kapal kembali ke dermaga Southampton.

0 komentar:

Posting Komentar