Kamis, 15 Januari 2015

Pengguna Yamaha R-Series Bersatu “Libas” Sentul

// // Leave a Comment
Bogor, KompasOtomotif – Semakin banyaknya produk R-Series yang beredar di jalan menuntut setiap penggunanya memiliki bekal ilmu pengetahuan berkendara yang cukup. Sebab itu sebagai bentuk tanggung jawab Yamaha Indonesia rutin menggelar acara bertema edukasi, salah satunya bertajuk "Track Day R-Series" yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/10/2014).
Berbeda dari kebiasaan, ajang kumpul yang diisi kegiatan pembelajaran teori safety dan defensive riding lalu praktek mengelilingi trek ini baru pertama kali mempertemukan seluruh model R-Series. Sebelumnya, materi hanya diberikan per model yakni untuk pemilik R15, R25, R6, atau R1.
Tercatat tidak kurang dari 90 peserta ikut serta, semuanya harus melewati proses registrasi terlebih dahulu. Selain itu ada berbagai syarat yang wajib dipatuhi, seperti menggunakan helm setidaknya SNI dan safety gear, khusus untuk R6 dan R1 pengendara haru mengenakan baju balap dan back protector.
“Semuanya untuk konsumen, sekarang masih untuk komunitas di bawah Yamaha Riders Federation Indonesia. Pesertanya masih di seputar Jakarta dan Bandung, acara selanjutnya akan kami buka lebih luas lagi,” jelas Assisten Manager Branc Activation Defin Eko Yamaha Indonesia di sela acara.
Sebagai narasumber teori dan praktek, empat pebalap Yamaha turut serta yakni Sudarmono, Sigit PD, Imanuel Pratna, dan R.Fadhil. Berbagai pengetahuan yang diberikan seputar pengenalan sepeda motor yang mencakup performa, perangkat elektronik, suspensi, dan ban.
Pengenalan trek dan skill berupa layout, regulasi, posisi tubuh, racing line, serta pengereman. Tidak ketinggalan informasi pentingnya keamanan yang berpatokan pada safety rules, safety gear, dan final check safety. Setiap peserta yang diperbolehkan mengitari sirkuit diberikan kesempatan memahami trek dan belajar posisi tubuh sebanyak lima lap. Lalu tiga lap selanjutnya untuk pengetahuan racing line kemudian uji coba.  
Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia menambahkan, Edukasi seperti ini adalah bentuk kepedulian Yamaha yang tidak hanya mewadahi aktivitas fun saja, tapi juga yang serius bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar