Kamis, 29 Mei 2014

Opera Next: Browser Opera Berbasis Chromium Siap untuk Di Download

// // Leave a Comment
OKETEKNO.COM – Opera Software kembali merilis software browser internet terbaru mereka dengan nama, Opera Next. Browser baru ini tersedia untuk pengguna Windows dan Mac secara gratis di situs resminya.
Opera Next merupakan browser Opera versi baru yang tidak lagi menggunakan Presto rendering engine. Browser tersebut kini berbasis Chromium – versi open source dari Google Chrome. Lalu seperti apa Opera Next itu? Dirancang dengan benar-benar baru, Opera Next diklaim menawarkan pengalaman baru berselancar yang lebih lancar dan mudah di Internet, dengan desain elegan dan berbagai fitur baru. Berikut ini beberapa fitur terbaru di Opera Next :

Fitur Opera Next : Tampilan

Opera-Next-Speed-Dial
Walaupun berbasiskan chromium, tetapi Opera Next memiliki gaya tampilannya sendiri. Opera Next tetap mempertahankan tampilan khas-nya. Icon seperti Back, Next, Refresh, dan Speed Dial diletakkan rapi di sebelah kiri. Sedangkan icon Add to Speed Dial, Add to Stash, dan Extension diletakkan di sebelah kanan.

Fitur Opera Next : Discover

Opera Next dilengkapi dengan fitur Discover, sebuah fitur yang mampu mengumpulkan berbagai berita terbaru dalam berbagai kategori dari berbagai negara. Anda bisa memilih “Indonesia” di pengaturan Discover agar Opera menampilkan berbagai berita terbaru dari Indonesia.

Fitur Opera Next : Speed Dial

Di Opera Next, beberapa Speed Dial bisa dikelompokkan menjadi satu. Caranya adalah dengan klik and drag Speed Dial tersebut di Speed Dial lainnya.

Fitur Opera Next : Stash

Stash merupakan fitur baru di Opera Next yang berfungsi untuk menyimpan halaman penting yang Anda temukan. Memasukkan halaman ke Stash bisa dilakukan dengan klik icon hati di toolbar sebelah kanan. Halaman yang tersimpan di Stash akan diurutkan dan ditampilkan screenshotnya. Ukuran screenshot tersebut bisa kamu besarkan atau kecilkan menggunakan scroller yang ada di samping kanan.

Fitur Opera Next : Off-Road Mode

Off-Road mode sebenarnya bukanlah merupakan fitur baru, tetapi nama baru untuk fitur Turbo. Jika Off-Road Mode diaktifkan, maka data akan dicompress melalui server opera sehingga berukuran lebih kecil. Hal ini membuat browsing menjadi lebih cepat, khususnya bagi pengguna yang berkoneksi internet lambat. Off-Road Mode ditandai dengan adanya icon speedo berwarna biru disamping kiri address bar.

Fitur Opera Next : Address Bar dan Search Bar

Sama seperti di Google Chrome, address bar di Opera Next berfungsi juga sebagai search bar. Anda bisa mengetikkan keyword dan tekan Enter untuk googling langsung dari Opera.

Fitur Opera Next : Download Manager

Download manager di Opera Next cukup jauh berbeda dengan Download Manager di Chrome. Ketika Anda melakukan download, maka akan muncul icon download manager di sebelah kanan toolbar. Download Manager menampilkan proses download serta memungkinkan kamu untuk melakukan pause atau resume.

Fitur Opera Next yang dihilangkan

Di Opera Next tidak ada lagi M2 email client. Sebelumnya email client tersebut langsung terintegrasi di browser Opera. M2 email client dihilangkan untuk mengurangi penggunaan memory oleh Opera Next. Opera kini menjadikan M2 email client sebagai software tersendiri yang mereka beri nama Opera Mail.
Selain itu extensions Opera Next kini telah menggunakan extension berbasis chrome, sehingga extension yang berbasis Opera 11 dan 12 tidak lagi bisa digunakan. Pengaturan extensions juga masih cukup sulit untuk dilakukan. Menonaktifkan dan meremove extensions hanya bisa dilakukan melalui menu extensions, dan tidak bisa dilakukan dengan klik kanan icon extensions seperti yang ada di Google Chrome.
Mouse gesture dan keyboard shortcut juga sekarang off secara default, walaupun sebenarnya fitur ini masih ada dan bisa diaktifkan secara manual. Opera Next memang saat ini masih dalam proses pengembangan, sehingga ada kemungkinan penambahan berbagai fitur baru dan perbaikan fitur yang saat ini dirasa masih kurang.

Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar